Antara Lubang & Denging

February 11, 2022 - by syaifydental - in Konsultasi

Salam hormat,

Dokter Syaify, belakangan ini gigi geraham bawah saya terasa sakit karena memang terdapat lubang. Namun hal itu juga diikuti dengan rasa nging atau berdenging di telinga kiri. Dan, belakangan ini dengingan terus terasa meski datangnya bisa sewaktu-waktu. Apakah ini ada hubungannya Dok, seperti adanya hubungan saluran eustachius atau hubungan antara telinga, hidung, dengan tenggorokan. Terima kasih

Neta-Jalan Magelang,Yogya

Jawaban :

Bunyi nging atau berdenging di telinga merupakan simptoma atau gejala dari keadaan tertentu yang harus dicari penyebabnya. Jika denging bersifat temporer, biasanya akibat perubahan tekanan udara yang mempenagruhi gendang telinga, seperti saat kita berada di dalam pesawat yang baru saja take off atau ketika mendaki di ketinggian bukit. Sekedar pengetahuan, telinga kita memiliki bagian-bagian. Di dalam telingan kita terdapat saluran kecil disebut tuba eustachius. Saluran ini  menghubungkan telinga, hidung dan tenggorokan atau pangkal rongga mulut. .Tuba eustachius tak ubahnya jendela kecil yang berfungsi menyamakan tekanan udara(equalizer) antara telinga luar dan telinga tengah. Manakala saluran ini menyempit, misalnya karena ada peradangan akibat flu, maka fungsi equalizer akan terganggu sehingga fungsi pendengaran pun bisa terganggu pula. Itulah sebabgnya orang yang mengalami infeksi saluran pernafasan seperti flu, batuk, akan rentan mengalami gangguan fungsi pendengaran.Bagaimana dengan sakit gigi atau persinya gigi berlobang? Apakah akan menyabkan gangguan fungsi pendengaran atau telinga berdenging? Jika mengacu pada hubungan anatomis telinga, hidung dan tenggorokan seperti di atas bisa jadi sensani denging itu datang dari kondisi rongga mulut yang sangat dekat dengan tenggorokan. Pengalaman di klinik, pasien sering mengeluhkan hal yang semacam itu. Sakit giginya menimbulkan pusing dan telinga berdenging. Saran kami, sebaiknya diperiksakan saja ke dokter. Langkah pertama saya sarankan ke dokter gigi dulu, karena Anda merasakan sumber sakitnya atau keluhan utama (chief complaint) adalah sakit pada gigi geraham yang berlubang. Selesaikan dulu hingga tuntas masalah gigi geraham yang kerowok. Mungkin dengan tahapan penambalan, jika masih memungkinkan. Atau kalau tidak, ya dicabut saja. Jika masih juga muncul keluhan telingan sering berdenging, sebaiknya lanjutkan konsultasi ke dokter spesialis THT. Itu yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.